Monday, May 6, 2013

MASTITIS

Penyebab Mastitis

Kata mastitis berasal dari bahasa latin yang berarti peradangan pada payudara. Bagian payudara yang meradang akan menjadi merah, bengkak, terasa nyeri dan panas. Mastitis sering dijumpai pada ibu yang baru melahirkan. Biasanya terjadi pada minggu pertama sampai minggu ketiga.
Pemicu umum adalah bakteri yang bernama Staphylococcus aureus yang banyak terdapat pada kulit manusia. Ketika bagian payudara kurang terjaga kebersihannya atau terjadi penyumbatan, maka bakteri akan berkembang biak dengan sangat mudah. Bakteri dalam jumlah banyak ini akan menyerang bagian kulit payudara, bagian lapisan kulit, kelenjar bawah kulit dan menyebabkan peradangan.
Peradangan atau mastitis ini harus segera ditangani karena jika dibiarkan dapat menyebabkan abses payudara, dimana terdapat nanah yang menggumpal pada payudara. Keadaan ini lebih menyakitkan bagi ibu. Payudara terlihat lebih merah dan membengkak, bahkan ASI yang dikeluarkan mengandung nanah.
Bakteri Staphylococcus aureu, golongan methicillin resistant menyebabkan mastitis yang lebih parah. Bakteri jenis ini dikenal juga dengan nama MRSA. Bakteri yang banyak terdapat di rumah sakit. Maka, apabila mastitis terjadi segera setelah persalinan dapat dicurigai adanya infeksi MRSA. Pengobatannya membutuhkan obat antibiotik dalam dosis yang lebih tinggi.

Faktor Peradangan Payudara

Ada beberapa kondisi yang akan memperbesar terjadinya mastitis pada payudara, yaitu:
  • Puting susu yang datar atau terbenam. Kondisi ini menyebabkan ASI tidak dapat keluar sehingga bakteri dapat lebih mudah menginfeksi.
  • Lecet pada payudara akibayt tergores kuku, bra atau penyebab lainnya.
  • Luka pada payudara akibat pelepasan dari mulut bayi yang tidak benar. Saat melepaskan isapan bayi dapat dilakukan dengan menekan pelan dagu bayi atau memesukkan jari kelingking ibu yang telah dicuci bersih.
  • Payudara yang membengkak akibat ASI yang menumpuk. Akibat ASI tidak dikeluarkan, payudara akan terasa penuh dan membengkak. Rasa tidak nyaman ini akibat saluran vena dan limfe yang terhambat. Kondisi bengkak ini dapat memicu terjadinya mastitis.

Mencegah Sakit Payudara saat Menyusui

Sebagai pencegahan mastitis, perawatan payudara selama masa kehamilan perlu menjadi perhatian. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mastitis antara lain:
  • Menjaga kebersihan payudara

    Pada saat mandi, bersihkan bagian putting dan areola dengan air. Jangan menggunakan sabun pada bagian ini karena dapat menghilangkan minyak dan akhirnya menyebabkan kering. Kondisi yang kering membuat payudara mudah lecet dan infeksi. Kebersihan payudara yang baik dapat mencegah terjadi infeksi peradangan bakteri Staphylococcus aureu penyebab mastitis.
  • Pilih bra dengan tepat

    Di masa kehamilan, payudara ibu akan membesar. Maka, perlu penyesuaian ukuran bra. Biasanya ukuran BH akan naik 2 nomor lebih besar. Selain ukuran, bahan dan model bra perlu diperhatikan. Pilih bra dengan bahan yang menyerap keringat. Untuk model bra, sebaiknya memilih model polos tanpa banyak renda dan lipatan-lipatan yang dapat mengganggu kenyamanan. Pada saat menyusui, dapat menggunakan BH menyusui yang dapat dibuka dari depan.
  • Berikan ASI sesuka bayi

    Pemberian ASI tanpa dijadwalkan atau diberikan sesuka bayi akan mencegah pembengkakan payudara akibat ASI yang menumpuk. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk diberikan ASI, ibu dapat mengeluarkan ASI dengan cara dipompa.




KATARAK

Penyebab Katarak

Katarak terjadi karena proses penuaan. Biasa terjadi pada lansia mulai dari usia 60 tahun. Tetapi, katarak juga dapat menimpa pada individu usia muda. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menimpa bayi. Beberapa factor yang dapat mempercepat terjadinya katarak pada mata adalah karena sering terkena sinar ultraviolet, penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid dalam jangka waktu lama, penderita diabetes, peradangan atau trauma pada mata.

Gejala Katarak

Beberapa gangguan penglihatan sebagai gejala katarak adalah:
  • Pandangan terlihat kabur dan silau. Gangguan penglihatan ini terutama terjadi pada siang hari.
  • Pada bagian tengah mata (pupil) terlihat warna abu-abu atau keputihan.
  • Gejala ini semakin lama akan semakin bertambah mengganggu.

    Operasi Katarak

    Untuk mengatasi masalah katarak, operasi harus dilakukan. Terutama jika gejala ini sudah sangat mengganggu. Jika belum mengganggu, biasanya ditunggu sampai katarak menjadi matang. Pada operasi katarak, lensa dikeluarkan dan ditanam dengan lensa IOL (Intraocular lens) yang dimasukkan dalam kapsul lensa.
    Sebelum melakukan operasai katarak, beberapa tahapan yang dilakukan:
    • Pasien akan diperiksa terlebih dahulu bagaimana keadaan jantung, paru dan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kondisi tubuh.
    • Jika rutin mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya memberitahu dokter apakah obat-obatan tersebut aman dikonsumsi sebelum operasi. Obat-obatan pengencer darah tidak boleh dikonsumsi seminggu sebelum operasi dilakukan.
    • Untuk penderita tekanan darah tinggi atau diabetes, harus dijaga agar tekanan darah dan gula dalam kondisi normal.
    • Mengukur lensa IOL (Intra Ocular Lens), yaitu lensa yang akan ditanam setelah proses operasi.
    Ada beberapa cara teknik operasi katarak, yaitu:
    • Menggunakan pisau bedah

      Cara ini sudah jarang digunakan karena luka yang dihasilkan cukup besar.
    • Menggunakan laser

      Lensa dikeluarkan dengan menggunakan laser. Luka cenderung lebih sedikit dibandingkan jika menggunakan pisau.
    • Mesin Phaco

      Dengan teknik ini, lensa mata tidak dikeluarkan utuh, melainkan dihancurkan terlebih dahulu. Emulsification atau penghancuran dilakukan dengan menggunakan mesin phaco. Mesin berenergi ultrasound ini akan menghasilkan 40.000 getaran / detik untuk menghancurkan lensa. Setelah lensa hancur, maka lensa dikeluarkan dan dipasang intra ocular lens. Jika menggunakan foldable lens, luka yang ditimbulkan sangat kecil, yaitu sekitar 3 mm karena lensa ini dapat dilipat sehingga untuk memasukkan ke mata tidak perlu sayatan yang besar.
    Lensa implant ini terbuat dari bahan PMA. Lensa yang ditanam berbeda dengan lensa asli. Lensa IOL tidak dapat menyesuaikan jarak pandang jauh dekat, berbeda dengan lensa asli yang sifatnya elastis. Sehingga setelah operasi, pasien masih harus menggunakan kacamata dekat untuk membaca karena lensa implant ini hanya dikhususkan unutk melihat jarak jauh.
    Pasien yang menjalani operasi katarak umumnya tidak perlu menginap di rumah sakit. Penglihatan biasanya akan segera membaik segera setelah operasi. Tetapi, perawatan pada mata setelah operasi perlu dilakukan selama masa penyembuhan. Juga, perlu konsultasi kembali untuk mengetahui hasil operasikatarak tersebut.

    Berapa Kandungan Karbohidrat Nasi?

    Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi merupakan karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi gula dalam tubuh. Karbohidrat yang lebih baik adalah karbohidrat kompleks yang lebih lama terurai, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Kebutuhan karbohidrat dari orang dewasa umumnya 1000 gram setiap harinya.
    Jika Anda ingin mencoba alternatif karbohidrat selain nasi, beberapa makanan yang mengandung karbohidrat adalah:
    • Jagung

      Jagung merupakan makanan pokok untuk daerah Madura dan Nusa Tenggara Timur. Rasanya yang manis membuat banyak orang yang menyukainya. Memiliki kandungan asam folat dan serat yang baik untuk tubuh. Pada daerah-daerah tertentu, jagung dibuat menjadi nasi jagung. Dengan cara praktis Anda dapat mencoba memakannya dengan cara direbus atau dibakar.
    • Sagu

      Sagu menjadi makanan pokok bagi penduduk di daerah Maluku atau Papua. Tanaman sagu biasa tumbuh di daerah rawa-rawa di daerah Indonesia Timur dan jarang ditemukan di daerah Barat Indonesia. Bentuknya seperti bubuk yang kemudian akan diolah. Masyarakat Indonesia Timur ini mengolah sagu menjadi bentuk seperti bubur yang lengket yang disebut papeda yang biasa disantap dengan ikan kuah kuning.
    • Singkong

      Singkong juga menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia. Akar tanaman ini dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Biasa disajikan dengan dibuat menjadi tiwul, digoreng atau direbus.
    • Ubi

      Mirip dengan singkong, ubi juga merupakan akar tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat. Jenis ubi yang biasa ditemukan adalah ubi oranye dan ubi ungu. Ubi orange mengandung beta karoten yang akan menjadi vitamin A dan dapat mencegah kanker. Sedangkan ubi ungu memiliki warna yang cantik yang dapat digunakan sebagai pewarna alami. Ubi ungu baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memiliki kandungan antioksidan. Ada beberapa cara memasak ubi yaitu dengan cara digoreng, dikukus, atau dibuat sebagai kue.
    • Kentang

      Kentang mengandung karbohidrat dengan kalori yang lebih rendah sehingga biasa digunakan untuk program diet. Kentang goreng biasa disajikan bersama sdaging steak atau makanan lainnya. Cara pengolahannya dapat dilakukan dengan dibakar, direbus kemudian ditumbuk yang biasa dikenal dengan sebutanmossed potatoes. Kentang mudah dipadupadankan dengan sayur atau lauk pendamping.
    • Oat

      Oat berasal dari gandum dan memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tubuh. Dapat dengan mudah ditemukan dalam bentuk instan dan biasa digunakan sebagai alternatif makanan di pagi hari. Biasa disajikan dengan cara diseduh atau direbus sebentar sehingga menyerupai bubur. Cara lain adalah dengan menambahkannya dalam kue atau roti.
    • Pasta

      Spaghettifettuccinifusillicocciolini atau macaroni adalah beberapa bentukpasta yang biasa kita temui. Pasta sebenarnya berasal dari tepung terigu yang diolah dan menghasilkan bentuk kering yang beraneka ragam. Biasa diolah dengan cara dipanggang, direbus kemudian ditambahkan saus seperti bolognaise atau carbonara.

    Jenis Karbohidrat

    Karbohidrat sendiri dapat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, hasilnya Anda akan merasa kenyang lebih lambat karena proses pemecahan glukosa lebih lambat. Karbohidrat kompleks ditandai dengan rendahnya angka GI(glycaemic index). Semakin rendah indeks glikemia berarti semakin kompleks karbohidrat tersebut.
    Yang termasuk dalam kategori GI rendah adalah karbohidrat dari pasta, jagung, singkong rebus, dan oat. Pada tingkat sedang ada ubi, kentang panggang dengan kulit, beras merah. GI tinggi ada pada nasi putih dan kentang panggang tanpa kulit.
    Mengetahui jenis-jenis karbohidrat dapat membantu Anda yang sedang berdiet, agar merasa kenyang lebih lama sehingga membantu diet Anda. Ini juga membuat Anda berhati-hati dengan mengurangi karbohidrat pada nasi jika Anda ternyata sudah menyantap makanan mengandung karbohidrat di sela-sela jam makan utama.
    Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa menu makan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks, bisa membuat umur panjang, berkurangnya risiko kanker, berkurangnya risiko penyakit jantung, berkurangnya risiko diabetes, berkurangnya risiko kelainan pencernaan, serta meningkatnya kesehatan secara keseluruhan.

    Nyamuk Aedes Aegypti

    Wabah demam berdarah yang menarik perhatian dunia pertama kali muncul di Manila pada tahun 1954. Sebagian besar kasus demam berdarah terjadi di negara yang terletak pada daerah tropis dan subtropis. Hal ini tidak mengherankan karena nyamuk suka dengan lingkungan yang hangat untuk hidup.
    Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit Demam Berdarah. Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk. Kemudian nyamuk ini menggigit orang sehat. Bersamaan dengan terhisapnya darah dari orang yang sehat, virus demam berdarah juga berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan orang sehat tadi terinfeksi virus demam berdarah.
    Nyamuk demam berdarah ini memiliki siklus hidup yang berbeda dari nyamuk biasa. Nyamuk ini aktif dari pagi sampai sekitar jam 3 sore untuk menghisap darah yang juga berarti dapat menyebarkan virus demam berdarah. Sedangkan pada malam hari, nyamuk ini tidur. Maka, berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk pada siang hari dan cegah nyamuk ini menggigit anak yang sedang tidur siang.
    Kebiasaan dari nyamuk ini adalah dia senang berada di genangan air bersih dan di daerah yang banyak pohon seperti di taman atau kebun. Genangan air pada pot bunga mungkin menjadi salah satu tempat favorit nyamuk yang dapat terlupakan oleh Anda.

    Gejala Demam Berdarah

    Seseorang yang terinfeksi virus Demam Berdarah Dengue (DBD), umumnya menunjukkan gejala-gejala berikut:
    • Demam tinggi terus menerus. Suhu badan sekitar 39 - 40 derajat Celcius. Hal ini menyebabkan sakit kepala pada penderita.
    • Demam tanpa disertai batuk-batuk.
    • Sakit perut atau mual.
    • Badan terasa pegal atau nyeri pada persendian.
    • Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kasus.
    Jika ada anggota keluarga Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan. Jangan biarkan demam terlalu lama karena dapat mengakibatkan terlambat untuk ditolong. Untuk lebih pastinya, Anda dapat melakukan cek darah.

    Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Ada 4 tipe dari penyakit Demam Berdarah. Jadi, seseorang yang sudah pernah terkena penyakit demam berdarah, tidak berarti dia tidak akan terkena penyakit ini lagi karena ada 3 tipe lainnya yang dapat menyebabkan DBD juga.
    Saat terkena DBD, seseorang akan mengalami 3 fase. Yang pertama adalah fase demam selama 3 hari pertama. Berlanjut pada 3 hari selanjutnya yang merupakan fase kritis. Pada fase ini, demam sudah tidak terjadi, tetapi di fase inilah harus waspada agar tidak terkecoh dengan menganggap sudah sembuh dan tidak diberi pengobatan. Tiga hari selanjutnya adalah fase penyembuhan.
    Salah satu bahaya dari demam berdarah adalah menganggap demam yang dialami sebagai demam biasa sehingga dianggap ringan dan tidak mendapat perawatan khusus. Apalagi, pada fase kedua, biasanya demam sudah turun sehingga dianggap sudah sembuh.

    Pengobatan DBD

    Tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan Demam Berdarah. Maka, hal yang dapat dilakukan untuk membantu kesembuhan orang yang terkena penyakit ini adalah:
    • Berikan obat penurun panas atau parasetamol.
    • Kompres agar panas tidak terlalu tinggi. Kompres sebaiknya dilakukan dengan air hangat, bukan dengan air dingin atau es. Air dingin dapat menyebabkan penderita menggigil sehingga tubuh menjadi panas.
    • Minum air putih yang banyak. Penderita DBD biasanya akan kekurangan cairan, maka air putih sangat baik untuk mereka. Air putih juga dapat membantu menurunkan panas. Selain air putih, bisa juga berikan cairan oralit untuk membantu penyembuhan.
    • Makanan yang bergizi. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan untuk penderita DBD. Berikan makan bergizi agar tubuh menjadi kuat dan dapat melawan virus DBD. Buah-buahan dan sayuran dapat sangat bermanfaat untuk pemulihan.
    • Minum air daun jambu dan angkak dapat membantu menaikkan trombosit.
    Perawatan bisa dilakukan di rumah jika kondisi penderita tidak buruk dan diperbolehkan oleh dokter. Tetapi, butuh ketelitian dalam merawatnya. Anda juga harus terus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan periksa darah setiap hari untuk mengetahui kondisinya. Dirawat di rumah sakit dapat menjadi pilihan jika Anda merasa hal itu lebih aman karena tindakan medis bisa segara diambil jika kondisi pasien menurun juga dimungkinkan diberikan infus untuk menambah cairan pasien.
    Hal-hal yang membahayakan dari penyakit DBD karena infeksi virus ini dapat menyebabkan trombosit darah turun menjadi sangat rendah. Yang kemudian akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kempis, cairan bocor sehingga darah masuk ke rongga-rongga tubuh dan menyebabkan pendarahan pada telinga, hidung, atau kulit yang dapat mengakibatkan kematian.

    Pencegahan DBD

    Hal yang terbaik adalah mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang terkena DBD. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegahnya yaitu:
    • Mencegah perkembangbiakan nyamuk ada di sekitar kita. Anda dapat melakukan gerakan 3M yaitu Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai. Larva nyamuk akan berkembang di genangan air dalam waktu sekitar seminggu. Untuk itu, perlu dicegah kemungkinan benda-benda yang merupakan tempat berkembangnya larva ini seperti pot bunga, kaleng bekas, ban bekas atau barang lainnya yang menampung genangan air, khususnya pada musim penghujan dimana tempat-tempat tersebut dapat menjadi genangan dari air hujan yang turun.
    • Cegah agar jangan digigit nyamuk, misalnya dengan cara menggunakan lotion atau obat pengusir nyamuk.
    • Mennggunakan bubuk Abate pada selokan dan penampungan air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk.
    • Jaga kondisi tetap sehat. Kondisi badan yang kuat, membantu tubuh untuk menangkal virus yang masuk sehingga walau terkena gigitan nyamuk, virus tidak akan berkembang.
    Demam Berdarah tidak dapat dianggap sebagai penyakit ringan. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Maka, tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dapat melindungi orang-orang yang Anda kasihi dari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.

  • No comments:

    Post a Comment